Selasa, 24 Maret 2009

Pemasaran

Pemasaran adalah serangkaian kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan,menentukan harga,mempromosikan,dan mendistribusikan barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan,kepada konsumen.

Untuk memperlancar suatu pemasaran diperlukan perencanaan pemasaran.Pentingnya perencanaan pemasaran bagi seorang produsen adalah untuk dapat menetapkan mengalirnya barang dan jasa ke tangan konsumen secara cepat dan tepat.Untuk itu,penting sekali bahwa perencanaan pemasaran harus disusun secermat mungkin.

1.Macam-macam perencanaan pemasaran :
a.Perencanaan pemasaran strategis.Yakni ke arah mana suatu usaha akan dikembangkan.
b.Perencanaan pemasaran produk.Yakni perencanaan yang mencakup sasaran pasar yang dituju dan pengujian pasar.
c.Perencanaan pemasaran operasional.Yakni perencanaan-perencanaan kegiatan pelaksanaan di bidang pemasaran produk,atas daerah dan waktu pemasaran produk dalam jangka pendek.

2.Jenis-jenis perencanaan pemasaran :
a.Perencanaan suatu usaha.Yakni uraian tentang keseluruhan perencanaan suatu usaha.
b.Perencanaan devisi.Yakni perencanaan mengenai pertumbuhan dan penganalisaan hasil atau laba.
c.Perencanaan jajaran produk.Yakni perencanaan yang menguraikan tujuan,sasaran,dan teknik suatu jajaran produk tertentu.
d.Perencanaan merk produk.Yakni perencanaan tentang tujuan,sasaran,dan teknik mengerjakan merk produk.

Tahap-tahap proses pemasaran :
a.Analisis hasil prestasi kegiatan pemasaran.
b.Analisis kekuatan,kelemahan,peluang dan ancaman dalam pemasaran.
c.Penyusunan program.
d.Penentuan tujuan pemasaran.
e.Penerapan strategi pemasaran.
f.Penetapan target pemasaran.
g.Penyusunan perencanaan pemasaran.
h.Penyusunan anggaran pemasaran.

Suatu perencanaan pemasaran ditujukan untuk beberapa hal,yakni sebagai berikut :
a.Membawa ke arah peningkatan koordinasi dalam pemasaran.
b.Menetapkan standar prestasi untuk mengukur hasil pemasaran.
c.Memberi dasar yang logis untuk pengambilan keputusan.
d.Meningkatkan kemampuan untuk menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi dalam pemasaran.
e.Untuk memberikan pendekatan yang teratur bagi suatu usaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar